Sunday, May 5, 2013

Tips Menikmati Kuliner Pinggiran


kuliner pinggiran, warung pinggiran, kuliner murah, angkringan jogjakarta, menu sedap, menu enak, kuliner pinggir jalan jogja, kuliner pinggir jalan jakarta
Saat teman-teman kulping melakukan traveling,biasanya selalu ingin mencoba kuliner pinggiran yang dijumpai. Menurut penelitian, 80% kuliner terbaik itu terdapat di pinggir jalan. Nah, tidak ada salahnya saat melakukan traveling ke luar kota,atau bahkan didalam kota silahkan cobain kuliner pinggiran yang temna-teman kulping jumpai.


Tapi, sebelum mencoba kuliner pinggiran itu silahkan simak dulu nih tips nya.

1. Pilih tempat yang ramai


Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum makan di pinggir jalan adalah memperhatikan kios makan. Jika warung yang akan Anda singgahi ramai, bisa jadi makanan yang dijual enak sehingga lebih laku.

Sebaliknya, jika warung yang akan Anda singgahi sepi, bisa jadi makanan yang dijual kurang lezat. Jadi, jika tidak ingin menyesal, tak ada salahnya untuk singgah di tempat makan yang ramai pengunjung.

2. Tanya teman


Selain melihat ramai tidaknya warung, hal lain yang juga perlu dilakukan agar tidak salah pilih rumah makan adalah dengan bertanya. Tanyalah kepada teman yang sering lewat jalan yang akan Anda lalui.

Cobalah bertanya kepadanya tempat makan mana yang direkomendasikan. Barulah kemudian Anda mencicipi makanan yang disajikan di sana. Biasanya, rumah makan yang sudah direkomendasikan tidak terlalu mengecewakan rasanya.

3. Siapakan uang kecil

Jangan lupa pula siapkan uang kecil sebelum makan di pinggir jalan. Biasanya, akan ada banyak pengamen mengiringi makan Anda. Jika tidak ingin repot, siapkan uang kecil di saku atau tempat yang memudahkan Anda untuk mengambilnya.

4. Cek harga

Tak hanya di pinggir jalan, mengecek harga sebelum memilih menu adalah suatu keharusan. Bisa mengecek lewat daftar menu atau langsung bertanya ke penjual. Hal ini karena ada banyak penjual iseng yang bisa saja menaikkan harga berkali-kali lipat, hanya karena Anda tidak tahu pasti harga makanan.

5. Gunakan sedikit bahasa setempat

Tak ada salahnya menggunakan bahasa lokal ketika membeli makanan. Selain mengakrabkan diri dengan warga lokal atau penjual, siapa tahu Anda bisa dapat potongan harga ketika membayar.

6. Jangan parkir terlalu dekat warung

Jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya parkir agak jauh dari warung. Hindari posisi tepat di depan tempat makan. Biasanya, penjual nakal akan menaikkan harga begitu tahu Anda berasal dari luar kota, karena melihat plat nomor mobil.

7. Perhatikan kebersihan


Walau bagaimanapun, jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan. Pilihlah tempat makan yang bersih, jangan memilih tempat makan yang berada di sebelah pembuangan sampah atau tempat kotor lainnya.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...